fbpx

BPTP Sulsel Gelar Pertemuan Dengan Petani Kopi Toraja

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulsel menggelar pertemuan dengan kelompok tani terkait pendampingan pengembangan kawasan perkebunan kopi berbasis korporasi di Sulsel

Kegiatan tersebut difasilitasi oleh BPP Gandang Batu Sillanan dengan Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja dilaksanakan di Lembang Pemanukan Kecamatan Gandang Batu Sillanan.

Direktur Inovasi Kemenristekdikti Ophir Sumule mengatakan bahwa petani kopi Tana Toraja membutuhkan komponen teknologi, pemasaran dan regulasi.

Dikatakan hal itu bisa diwujudkan melalui program cluster kopi Toraja mulai dari hulu ke hilir. Tahun 2019 ini kita mulai dari kecamatan Gandang Batu Sillanan.

“Kopi akan mendukung pariwisata dan wisatawan datang karena ingin menikmati kopi Toraja yang punya cita rasa khas kopi terbaik dunia,” ujar Ophir.

Lebih jauh dikatakan bahwa mutu, harga dan kekayaan genetik kopi Toraja dapat diperkuat dengan regulasi aturan dari Pemda Tana Toraja sehingga kopi Toraja mempunyai nilai yang tinggi.

Sementara itu Koordinator BPP Gandang Batu Sillanan menjelaskan tugas dari BPTP, Peneliti dan Akademisi adalah menciptakan teknologi, tugas Petani adalah mengetahui dan memahami teknologi sedangkan tugas dari Penyuluh Pertanian menyatakan teknologi di lapangan untuk kemajuan dan kesejateraan petani.

Kegiatan itu sendiri dihadiri Tim BPTP Sulsel, Direktur Inovasi Kemenristekdikti, Kabid Perkebunan Distan Tana Toraja, Aparat Lembang Pemanukan, Penyuluh Pertanian dan sejumlah kelompok Petani Kopi.

raka

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Longsor di Pangra’ta Makale Selatan, 3 Meninggal, 1 Belum Ditemukan

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Bencana tanah longsor juga terjadi di Dusun Pangra’ta, Lembang (Desa) Randanbatu, Kecamatan Makale Selatan, Tana...

Berita Lain