fbpx

BPBD Sulsel Cabut Status Darurat Bencana, 12 Desa di Luwu Sudah Bisa Diakses

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – MAKASSAR Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan (Sulsel) mencabut status darurat bencana. Itu setelah daerah yang sebelumnya dilanda bencana banjir bandang dan longsor sudah kondusif.

“Hari ini terakhir, melihat konstalasi bencana sudah mulai turun, status darurat bencana Sulsel dicabut, jadi tinggal di kabupaten,” kata Kepala BPBD Sulsel Amson Padolo, Kamis (16/5/2024).

Amson mengungkapkan, beberapa daerah yang mengalami bencana di awal Mei kemarin sudah perlahan kondusif. Adapun wilayah di Sulsel yang alami bencana diantaranya, Luwu, Luwu Utara, Enrekang, Sidrap, Pinrang, Wajo dan Sinjai.

“Benar, kondisinya sudah kondusif semua. Khusus di Luwu, itu wilayah terisolasi akibat longsor sudah bisa diakses,” ungkapnya.

Terpisah, Sekretaris BPBD Luwu Aminuddin mengutarakan, usai diterjang bencana banjir bandang dan longsor Kabupaten Luwu perlahan mulai pulih. Meski begitu, pihaknya masih menetapkan status darurat bencana di Luwu.

“Kalau status darurat bencana Sulsel itu hari ini terakhir dan sudah dicabut. Sementara di tingkat Kabupaten Luwu, statusnya darurat masih berlaku karena kabupaten itu sebulan, tapi kondisi sudah mulai pulih,” ucapnya.

Dia mengatakan, kondisi 12 desa yang terisolir di Kecamatan Latimojong, sudah bisa diakses kendaraan. Helikopter yang sebelumnya digunakan untuk mengevakuasi warga dan mendistribusikan bantuan jalur udara sudah ditarik.

“Alhamdulillah, 12 desa yang sempat terisolir di Latimojong sudah bisa diakses. Kalau helikopter dari TNI, Polri dan BNPB semua juga sudah ditarik, karena penyaluran bantuan sekarang menggunakan jalur darat,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

733 Pantarlih Pilkada Tana Toraja 2024 Dilantik

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Sebanyak 733 petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) dilantik KPU Tana Toraja melalui Panitia Pemungutan Suara...

Berita Lain