fbpx

Bawaslu Tana Toraja Tertibkan APK Yang Melanggar

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tana Toraja bersama KPU, Satpol PP, Dishub dan TNI-Polri menertibkan alat peraga kampanye (APK) karena melanggar peraturan KPU Tana Toraja dan Surat Edaran Bupati.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Tana Toraja, Widiyatmo, mengatakan penertiban APK itu dilakukan mulai dari KM 1 Mamullu hingga Terminal Makale. Termasuk di area Pasar Sentral hingga Taman Kota Makale.

“Termasuk APK yang di pasang dan di paku di pohon-pohon, tiang listrik serta yang terpasang di gedung dan fasilitas pemerintah kita bersihkan,” jelas Widiyatmo, Jumat (26/1/2024).

Menurut Widiyatmo penertiban APK digelar setelah sebelumnya telah dilakukan rapat koordinasi (Rakor) dengan KPU, TNI-Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Tana Toraja pada 24 Januari 2024 lalu.

Bawaslu Tana Toraja Tertibkan APK Yang Melanggar
Nampak Bawaslu Tana Toraja bersama KPU, Satpol PP, Dishub dan TNI-Polri melakukan apel sebelum turun menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang melanggar

Dalam rakor itu disepakati dilakukan penertiban terhadap APK yang melanggar sesuai dengan Surat Keputusan KPU Tana Toraja No.508 Tahun 2023, tentang Penetapan Lokasi Kampanye Rapat Umum dan Pemasangan APK serta Surat Edaran Bupati Tana Toraja No: 119/VI/2023/Setda tentang Penertipan Pemasangan Spanduk, Baliho, Umbul-umbul/Bendera, dan media sejenisnya yang mengganggu Keindahan dan Ketertiban Umum.

“Dalam penertiban APK selaku eksekutor adalah Satpol PP sebagai penegak aturan Pemda sementara TNI dan Polri bertugas melakukan pengamanan pada saat proses penertiban berlangsung,” jelasnya.

Sebelum dilakukan penertiban, Bawaslu Tana Toraja telah menyampaikan secara lisan kepada LO partai politik untuk segera memindahkan APK yang melanggar untuk segera dipindahkan.

“Kita juga telah memberikan penyampaian secara tertulis kepada Pimpinan Parpol bahwa akan dilakukan penertiban APK yang melanggar aturan,” bebernya.

Anjas/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Terima Rekomendasi Surat Tugas DPP Demokrat, TQ Akan Perkuat Konsolidasi

ZONAKATA, PAREPARE - Calon Wali Kota Parepare, Taqyuddin Djabbar (TQ), secara langsung menerima rekomendasi surat tugas sebagai untuk Pilkada...

Berita Lain