fbpx

Basarnas Siaga di Tana Toraja, Bermarkas di Rantelemo

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Basarnas Makassar resmi membuka Pos Unit Siaga SAR di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Letak pos di Rantelemo, Kelurahan Sarira, Kecamatan Makale Utara, Tana Toraja, tepatnya di gedung bekas Kantor Kearsipan Tana Toraja

Lokasi ini strategis mengigat Rantelemo merupakan daerah perbatasan antara Tana Toraja dan Toraja Utara.

Resminya Basarnas berkantor di Bumi Lakipadada melalui Rapat Koordinasi SAR yang berlangsung di Hotel Grha Raf Makale, Selasa (31/10/2023).

Rakor itu dibuka Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeg. Zadrak pun mengapresiasi langkah Basarnas Makassar ini.

Apalagi kata dia, Tana Toraja pun Toraja Utara merupakan daerah tujuan wisata.

“Tana Toraja ini merupakan daerah tujuan wisata, masyarakat dan wisatawan akan merasa nyaman dengan hadirnya Basarnas yang didukung oleh semua pihak,” ungkap Zadrak.

“Tentu kita sangat bersyukur hadirnya Basarnas, mereka para pekerja kemanusiaan yang tulus dan mulia. Jadi nantinya penanganan kecelakaan dan musibah dapat dilaksanakan secara terpadu dengan koordinasi yang terus kita tingkatkan dan terus dipelihara dengan baik,” ujarnya.

Sementara, Kepala Basarnas Makassar, Maxianus Bekabel mengatakan, Rakor yang dilaksanakan sebagai bentuk menyatukan koordinasi dalam satu pola pikir untuk pelaksanaan Operasi SAR di Tana Toraja.

“Karena kita ketahui bahwa Tana Toraja, dan Toraja Utara dan daerah sekitarnya sangat rawan akan bencana alam yang dapat membahayakan nyawa manusia,” ucap Maxianus Bekabel.

Ia menjelaskan, dalam Operasi SAR terdapat empat pilar, yakni Basarnas, pemerintah daerah, TNI – Polri, dan masyarakat.

Semuanya itu kata dia, akan saling bersinergi dalam setiap kegiatan Operasi pencarian dan pertolongan, baik yang ditimbulkan oleh kecelakaan, bencana alam, atau musibah lainnya.

Untuk diketahui, rakor ini menghadirkan perwakilan Direktur Operasi Basarnas RI Moch. Arifin untuk membawakan materi.

Materi juga dibawakan perwakilan Kodim 1414 Tana Toraja serta perwakilan Stasiun Meteorologi Toraja.

Tom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

IKA Unhas Sambut Kunjungan Pj Gubernur Prof Zudan Arif di Sulsel

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin turut hadir menyambut kehadiran Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi...

Berita Lain