fbpx

Melalui Metode TCM, Kini RSUD Lakipadada Sudah Bisa Deteksi Virus Corona

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Jika selama ini untuk mengetahui kondisi pasien apakah positif Covid-19 atau tidak pihak RSUD Lakipadada harus menggunakan metode pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan mengirim sampel ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar, kini sudah tidak lagi.

Pasalnya pemerintah telah menambah jenis tes pemeriksaan virus Corona (Covid-19) yaitu dengan Tes Cepat Molekuler (TCM). Ada 5 rumah sakit di Sulsel yang direkomendasikan Kementerian Kesehatan RI, untuk menggunakan metode TCM yakni RSUD Labuang Baji Makassar, RSUD Andi Makkasau Pare-Pare, RSUD Sinjai, RSUD Sawerigading Palopo dan RSUD Lakipadada Tana Toraja.

Direktur RSUD Lakipadada dr Syafari Mangopo mengatakan dengan metode TCM ini, proses pemeriksaan akan lebih cepat karena hanya membutuhkan waktu 40 menit dan dalam sehari bisa dilakukan pemeriksaan hingga 10 sampel. Awalnya metode TCM digunakan untuk mendekteksi virus TBC namun ternyata alat tersebut juga bisa digunakan untuk mendeteksi virus Corona dengan menggunakan cartridge yang sesuai.

“Hasil tes melalui TCM ini dapat diketahui dalam waktu kurang dari satu jam, untuk menentukan pasien positif maupun negatif,” kata dr Syafari.

Melalui Metode TCM, Kini RSUD Lakipadada Sudah Bisa Deteksi Virus Corona
Nampak dr. Syafari Mangopo bersama petugas Medis di RSUD Lakipadada Tana Toraja

Setelah pemerintah menambah jenis tes pemeriksaan virus Corona (Covid-19) dengan Tes Cepat Molekuler (TCM) selain PCR, Satgas Covid-19 Tana Toraja pun memfasilitasi berfungsinya alat ini dengan menyiapkan ruang dan wadah pengolahan virus sampel yang aman.

Bahkan menurut dr.Syafari pihak RSUD Lakipadada siap menerima rujukan pemeriksaan specimen dari kabupaten tetangga jika diperlukan misalnya dari Kabupaten Enrekang maupun Toraja Utara.

📷 Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

307 Calon PPK Mendaftar Melalui Aplikasi Siakba di KPU Toraja Utara

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara menerima pendaftaran seleksi badan Adhoc untuk Pantia Pemilihan...

Berita Lain