fbpx

Uniknya Lumbung Tiga Longa yang Dibangun Mayjen Pieter Sambo di Toraja

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Bagi masyarakat Toraja, lumbung (rumah adat Toraja) berfungsi sebagai tempat menyimpan padi. Biasanya, lumbung memiliki dua longa atau ujung atap/kepala yang berbentuk lancip keatas mirip perahu.

Namun berbeda dari 14 lumbung yang ada Tikala ini, ada satu lumbung yang memiliki tiga Longa. Tentu saja penampakan ini sangat menarik perhatian, unik dan jarang dijumpai di Toraja.

Lokasinya lumbung tiga Longa ini tepat berada di kediaman keluarga besar Sambo, yang kebetulan dibangun oleh alm. Mayjen Pieter Sambo beberapa tahun silam di Taniasa Kandeapi, Tikala, Kabupaten Toraja Utara.

Mayjen Pieter Sambo merupakan paman dari Irjen. Ferdy Sambo.

“Lumbung seperti ini jarang dilihat langsung, hanya beberapa di wilayah Toraja. Jadi sayang jika tidak diabadikan,” ucap Bedu Ima, salah satu pengunjung.

Selain longanya, terdapat pula Banga (tiang) sebagai penyangga Lumbung yang jumlahnya 10 tiang. Hal ini lagi-lagi jarang dijumpai, mengingat lumbung padi biasanya hanya memiliki 6 tiang, beberapa pun juga memiliki 8 tiang.

Pemandangan sekitar lumbung pun sungguh indah. Dibangun dibawah tebing batu, jejeran lumbung yang apik ini berhadapan dengan 4 Tongkonan, 3 masih berdiri kokoh dan 1 sudah roboh dan belum dibangun kembali.

Tempat ini menjadi rekomendasi wisata anda saat berkunjung ke Toraja. Anda akan menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari pusat kota Rantepao, Toraja Utara.

Saat berkunjung, tetap jaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan. Jadilah wisatawan bijak dengan menjaga tata krama.

Kuburan alm. Pieter Sambo (meninggal 2015) sendiri berada di belakang jejeran lumbung, Pither juga menjadi salah satu Putra kebanggan Toraja.

Jalur ke lokasi sedikit berbatu, tapi bisa ditembus oleh kendaraan.

Selengkapnya di YouTube Bedu Ima

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Duta GenRe Kota Parepare Dapat Tiket Nasional Usai Raih Prestasi Juara 1 di Tingkat Provinsi

ZONAKATA, MAKASSAR - Dua duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Parepare berhasil meraih prestasi gemilang pada malam puncak Apresiasi Duta...

Berita Lain