fbpx
25 C
Makassar
Selasa, 18 Januari 2022

Unik, Makna Simbol Tangan Pada Patung di Makam Suku Toraja

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Tempat wisata terpopuler di Toraja adalah lokasi pemakaman yang berada di tebing batu. Salah satu keunikannya, ada pada Tau-tau atau patung yang diletakkan berdekatan dengan kuburan, Sabtu(15/01).

Tau-tau dibentuk semirip mungkin dengan jenazah yang akan dikuburkan. Namun ada makna simbol tangan pada Tau-tau.

Dahulunya tangan kanan akan dibentuk menghadap keatas(telapak tangan), sedangkan tangan tangan kiri akan dibentuk menghadap kebawah.

Jika anda ingin melihat lebih dekat bentuk Tau-tau tersebut, lokasi Objek Wisata Lemo, Kecamatan Makale Utara, Kabupaten Tana Toraja, jadi tempat rekomendasi buat anda.

- ADS -

Simbol tangan yang menghadap keatas, dalam bahasa Toraja disebut Mangrande Pala’, yang bermakna memberkati dan memberi kepada keluarga yang telah ditinggalkan.

Wisata Lemo Tana Toraja

Simbol tangan kiri yang menghadap kebawah disebut Mangrinding Pala’ yang bermakna melindungi.

Jadi pada zaman dahulu, leluhur Toraja masih memegang agama kepercayaan atau Aluk Todolo, yang mempercayai bahwa orang yang telah meninggal masih tetap berperan untuk memberkati, memberi dan melindungi, keluarga yang telah di tingggalkan.

Tetapi tidak semua orang Toraja yang meninggal, bisa dibuatkan patung tau-tau. Kepercayaan masyarakat bahwa status dan tingkat sosial seseorang yang menjadi penentu bisa gaknya dibuatkan Tau-tau.

Jka yang meninggal merupakan seorang bangsawan, dihormati atau tetua adat, lalu saat pemakaman jumlah kerbau yang dikurbankan memenuhi aturan adat, maka layak memiliki tau-tau.

Hitungan paling standar untuk aturannya sebanyak 24 ekor kerbau, baru boleh dibuatkan Tau-tau.

Aturan yang sama, jika yang meninggal seorang bangsawan tetapi yang dikurbankan tidak mencukupi aturan, maka tidak layak memiliki Tau-tau.

Masih banyak sejarah yang anda dapatkan, apabila berwisata ke Toraja. Namun tetap mematuhi prokes untuk keselamatan dan kesehatan bersama. (*)

Bedu Ima/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Jelajah Goa Kurungan Deata Toraja, Sungguh Memacu Adrenalin

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Komunitas penggiat susur goa, Rock Climbing Toraja Club (RCTC), kembali menaklukkan goa vertikal Toraja, Goa...

Berita Lain

- Advertisement -