Rabu, Januari 27, 2021

Rampung 80 Persen, Bendungan Karalloe Akan Pasok Air dan Listrik ke Jeneponto

Terkait

Wagub Sulsel Resmikan 26 Unit Hunian Tetap untuk Korban Banjir Lutra

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Sebanyak 26 unit donasi hunian tetap untuk korban banjir Kabupaten Luwu Utara diresmikan oleh Wakil Gubernur...
- ADS -

ZONAKATA.COM – JENEPONTO Bendungan Karalloe yang terletak diperbatasan Kabupaten Gowa-Jeneponto kini progresnya sudah diatas 80 persen. Bendungan yang berlokasi 137 km dari arah tenggara Kota Makassar itu telah didesain sejak tahun 1997. Bendungan itu memiliki ketinggian 85 meter.

PPK BBWS JP Arfandi menyampaikan, bahwa bendungan yang dibangun di Kabupaten Gowa ini, akan dirasakan manfaatnya oleh Kabupaten Jeneponto. Pembangunan melalui Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan-Jeneberang ini dilakukan dua tahap yang berasal dari APBN. Tahap pertama dengan nilai Rp 578 Miliar dan tahap kedua senilai sekitar Rp 689 Miliar.

“Untuk paket 1 kontrak tahun 2013 dan selesai di tahun 2019. Untuk paket 2, pelaksanaan konstruksi 25 Mei 2018 – 9 Desember 2021. Saat ini progresnya sudah di atas 80 persen,” ungkap Arfandi.

Nantinya beragam manfaat atas bendungan itu. Diantaranya irigasi 7.004 hektar; air baku kurang lebih 440 liter/det; pembangkit listrik tenaga air kurang lebih 4,5 MW; pengendali banjir; konservasi sumber daya air; dan pengembangan pariwisata.

Sasaran dari bendungan ini yakni mampu meningkatkan cadangan air, peningkatan luas tanam dari 4 ribu hektat menjadi 7.004 hektar, peningkatan intensitas tanam dari 150% menjadi 250%, peningkatan tarif hidup masyarakat.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman saat meninjau lokasi bendungan Karalloe, Sabtu (21/11) mengaku, takjub dengan desain bendungan itu. Selain bermanfaat untuk pengendali banjir dan mengairi lahan, juga bisa menjadi objek wisata. Dengan menghadirkan spot pemandangan yang indah.

“Kita akan mengurai kekeringan lahan pertanian Jeneponto secara bertahap. Alhamdulillah bendungan ini adalah Proyek Strategis Nasional (PSN) saat ini sudah di aras 80% progresnya. Masih in progress, Insya Allah tahun depan sudah selesai. Dengan kapasitas mengairi 7.004 hektar dan tenaga listrik 4,5 MW”. Ujar Andi Sudirman.**

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Pasangan Ombas-Dedy Resmi Ditetapkan KPU Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara Terpilih

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang-Frederik Victor Palimbong (Ombas-Dedy) ditetapkan sebagai...

Berita Lain

- Advertisement -