fbpx

Potensi 4 Calon, Pilkada Tana Toraja Bakal Ketat

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Potensi 4 (empat) pasang kandidat bakal mewarnai Pilkada Tana Toraja tahun 2024. Hal tersebut terlihat setelah DPW Partai Nasdem mengusulkan pasangan Nicodemus Biringkanae-Darma Lelepadang untuk diusung di Pikada Tana Toraja.

Partai Gerindra yang tidak membuka pendaftaran bacabup hampir dipastikan akan mengusung Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeg sebagai calon bupati. Selain menjabat sebagai Ketua Gerindra Tana Toraja, Zadrak juga dianggap berprestasi setelah mampu menaikkan kursi Gerindra dari 2 menjadi 6 kursi di Pileg 2024.

Untuk calon wakil Zadrak, sejumlah nama telah mengemuka seperti Erianto L.Paundanan yang saat ini menjabat sebagai Kajari Tana Toraja dan Ketua DPC Partai Demokrat Tana Toraja, John Diplomasi. Secara geopolitik keduanya memiliki potensi besar untuk dipinang menjadi wakil.

Kemudian Partai Golkar yang menjadi pemenang di Pileg dengan meraih 7 kursi sebelumnya telah memberikan surat tugas kepada John Rende Mangontan dan Victor Datuan Batara. Dan yang bakal mengendarai partai berlambang Beringin rindang ini adalah bacabup yang memiliki survey tertinggi.

Diketahui Partai Golkar telah menurunkan sejumlah lembaga survey untuk melakukan survey yang akan dilaksanakan selama 3 kali berturut-turut. Survey tersebut telah dilakukan sejak tanggal 15 April 2024 lalu secara serentak di seluruh Indonesia.

Sementara untuk bakal calon Wakil dari Victor Datuan Batara disebut-sebut nama Hatsen Allorerung. Ketua Partai Perindo ini merupakan saudara dari Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung. Jika pasangan ini ‘jadi’ maka bisa dipastikan Pilkada Tana Toraja bakal berlangsung ketat dan seru.

Kemudian John Rende Mangontan diwacanakan akan berpasangan dengan John Diplomasi. Jika pasangan ini berjodoh maka akan diusung Partai Demokrat. Namun Demokrat harus berkoalisi jika ingin mengusung paslonnya sendiri. Pasalnya Demokrat hanya memiliki 4 kursi di DPRD dan harus minimal 6 kursi jika ingin mengusung paslon.

Berikut prediksi jika Pilkada Tana Toraja diikuti 4 paslon

  • Nicodemus Biringkanae-Darma Lelepadang diusung Partai Nasdem (6 kursi),
  • Zadrak Tombeg-Erianto L.Paundanan bakal diusung Partai Gerindra (6 kursi),
  • Victor Datuan Batara-Hatsen Allorerung bakal diusung Partai Golkar (7 kursi) dan Partai Perindo (1 kursi),
  • John Rende Mangontan-John Diplomasi bakal diusung Partai Demokrat (4 kursi). Dan untuk mencukupkan 20 persen maka harus berkoalisi dengan PDI Perjuangan (4 kursi) atau Partai Hanura dan Gelora yang masing-masing memiliki 1 kursi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

733 Pantarlih Pilkada Tana Toraja 2024 Dilantik

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Sebanyak 733 petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) dilantik KPU Tana Toraja melalui Panitia Pemungutan Suara...

Berita Lain