fbpx

Pj Gubernur Sulsel Ingin Masyarakat Tak Bergantung Konsumsi Beras

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mendorong ditingkatkannya verifikasi pangan di Sulsel. Dia menginginkan masyarakat tidak terlalu bergantung mengkonsumsi beras.

“Fokus kita sekarang ini adalah meningkatkan pangan yang ada di Sulsel. Makanya ada program kami itu namanya budidaya pisang,” kata Bahtiar Baharuddin saat berkunjung di Toraja Utara, Selasa (7/11/2023).

Bahtiar mengungkapkan, masyarakat Sulsel harusnya tidak terlalu bergantung untuk mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok. Menurutnya, kebiasaan tersebut merupakan kebiasaan yang diterapkan oleh negara-negara penjajah terdahulu.

“Kita juga harus mengurangi ketergantungan kita ke beras atau nasi ini. Coba kita ingat-ingat, siapa sih yang mengajari kita makan nasi. Negara-negara mana yang makan beras, cuma Jepang, Vietnam, China dan Korea kan, orang-orang kita dulu kan tidak makan beras, mereka penjajah itu yang mengajarkan kita agar makan beras, kemudian kita jajah lagi warga kita untuk makan beras. Ini kegiatan penjajah sebenarnya,” ungkapnya.

Dia juga mengutarakan, masyarakat Sulsel memiliki komoditas bahan pokok alternatif selain mengkonsumsi beras. Diantaranya, mengkonsumsi talas, ubi dan jagung.

“Jadi dalam jangka panjang masalah kita bisa diselesaikan dengan makan ubi, talas dan makan jagung. Di zaman dulu kan orang tua kita sering campur nasi itu dengan jagung, pisang juga itu justru lebih sehat, anak-anak kita jadi cerdas karena pisang mengandung kalium. Kalau konsumsi beras dikurangi penyakit diabetes juga berkurang, itu semua efeknya,” ucapnya.

Ari/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Serius Hadapi Pilkada Tana Toraja, Zadrak Tombeg Daftar di Gelora

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Setelah mendaftar di Partai Demokrat, PDI Perjuangan dan Partai Nasdem, Zadrak Tombeg juga mendaftar di...

Berita Lain