fbpx
32 C
Makassar
Rabu, 10 Agustus 2022

Pasar Hewan di Toraja Utara Ditutup Sementara, Kerbau Mulai Terserang Penyakit

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Dinas Pertanian dan Peternakan menutup sementara lokasi pasar hewan Bolu di Kecamatan Tallunglipu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Penutupan dilakukan mulai Senin (4/7) bersamaan keluarnya surat edaran yang diterbitkan, namun belum ditentukan batas waktu masa penutupan.

Kepala Dinas Pertanian, Lukas P. Datubarri membenarkan informasi penutupan dikarenakan ditemukan gejala penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak kerbau di pasar hewan tersebut.

Menurutnya penemuan gejala penyakit tersebut berdasarkan hasil investigasi tim medis veteriner, yang mana penyakit tersebut mengarah pada suspect penyakit mulut dan kuku.

Pasar Hewan di Toraja Utara Ditutup Sementara, Kerbau Mulai Terserang Penyakit

“Selain penutupan area pasar dan melarang aktivitas jual beli, kami juga mengimbau seluruh pedagang kerbau maupun pemilik agar tidak mengeluarkan dan memasukkan ternak ke area pasar hewan,” ujar Lukas.

- ADS -

Lanjutnya menjelaskan, penutupan terus berlangsung sampai adanya hasil investigasi dari Tim BBVet Maros dan Dinas Peternakan Kesehatan Provinsi Sulsel.

“Nanti kami infokan kembali jika sudah ada hasil laboratorium terkait gejala penyakit mulut dan kuku pada kerbau yang kami temukan beberapa saat lalu,” pungkasnya.

Diketahui pasar hewan bolu di Tallunglipu di Toraja Utara adalah kompleks area pasar yang cukup luas tempat menjual hewan kerbau yang dibeli masyarakat.

Masyarakat yang membeli kerbau biasanya akan digunakan pada prosesi adat Toraja, baik itu acara prosesi penguburan (Rambu Solo) maupun syukuran (Rambu Tuka’) dan acara lainnya.

Penutupan pasar hewan dilakukan juga saat menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha tahun 2022. (*)

Ris/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

BPKA: Rel Kereta Api At Grade Aman dari Banjir dengan Q.50 Tahun

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Kekhawatiran Walikota Makassar Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto bahwa dengan meneruskan konsep perencanaan rel kereta api (KA)...

Berita Lain

- Advertisement -