fbpx
24 C
Makassar
Selasa, 7 Desember 2021

Gemulai Senja Pa’gellu’, Terpilih Jadi Konten Program Utama PKN 2021

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Konten dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Tana Toraja terpilih sebagai konten dalam Program Utama Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021, Rabu (24/11).

Event tahunan yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan tersebut, pertama kalinya diikuti oleh Dinas Kebudayaan Tana Toraja, yang kemudian membawa kemenangan dengan mengalahkan 50 konten lainnya dari kabupaten/kota dan provinsi se-Indonesia.

Tarian Pa’gellu’ Tua dikemas menarik dengan “Gemulai Senja Pa’gellu’ “, menampilkan suasana Toraja pada zaman dahulu ke zaman modern dan memperkenalkan budaya Toraja kepada mata dunia dengan menceritakan arti dari tarian Pa’gellu’ Tua yang mulai jarang ditampilkan.

Kepala Dinas Kebudayaan Tana Toraja, Ir.Bonifacius Paundanan mengungkapkan rasa bangga dapat menyaksikan budaya Toraja dapat tampil di nasional.

Berkat kerjasama tim, event tahunan yang pertama kalinya kita ikuti ini. langsung lolos masuk program utama. Saya sangat bangga dan berharap ini menjadi batu loncatan untuk terus memperkenal budaya Toraja lewat konten-konten menarik dan mudah dipahami oleh semua kalangan,”ungkap Bonifacius.

Konten video yang diproduksi selama satu bulan tersebut, disutradarai oleh Krisnawati P. Ranteallo dengan melibatkan beberapa tim, penari dan pemain musik dan semua tim kru Dinas Kebudayaan Tana Toraja.

- ADS -

Syuting dilakukan di beberapa lokasi icon Kabupaten Tana Toraja, seperti Tongkonan Papabatu Tumakke, Rembon, Agrowisata Pango-pango, Wisata Religi Buntu Burake, Kompleks Tongkonan Tumbang Datu, Sangalla Utara.

“Saya memiliki kerinduan menampilkan Toraja jaman dulu seperti apa saat menari, tanpa make up dan pakaiannya pun sederhana. Seiring waktu mulai ditampilkan dengan aksesoris lengkap tetapi tidak mengurangi ataupun menambah satu gerakan tari. Berkat dukungan dari tim dan berbagai pihak, video impian saya terwujud,”tutur Krisna.

Untuk menyaksikan video selengkapnya bersama pemenang dari Kota Pontianak, dapat diakses melalui website pkn.id https://pkn.id/pergelaran/surat-untuk-sahabat-seri-2-kab-tana-toraja-dan-kota-pontianak/
atau akun resmi kemendikbud riset dan teknologi @budayasaya

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang
- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi, Dinas Pertanian Bagikan Bibit Untuk Masyarakat

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Tim Penggerak PKK Kabupaten Tana Toraja menggandeng Dinas Pertanian membagikan benih dan bahan tanaman untuk...

Berita Lain

- Advertisement -