fbpx
24 C
Makassar
Kamis, 20 Januari 2022

Gelar Event Toraja Highland Festival Masata Gandeng Pemkab Toraja Utara

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Masyarakat Sadar Wisata (Masata) menggandeng Pemerintah Kabupaten Toraja Utara untuk mengelar event pariwisata bertajuk Toraja Highland Festival (THF) yang pertama kali dilaksanakan di tahun 2021 ini.

Event THF ini rencananya akan akan mulai digelar tanggal 4-10 Oktober 2021 di beberapa lokasi. Hal tersebut seperti disampaikan dalam konferensi pers yang berlangsung di Kantor Bupati Toraja Utara eks hotel Marante, Selasa (28/9).

Bertemakan ‘Sinergitas Antarlini Membangun Pariwisata Untuk Pemulihan Ekonomi Nasional’ berkolaborasi dengan Bank Indonesia, Pemprov Sulsel, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK), Bank Sulselbar dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Toraja Utara.

Ketua Masata Toraja Utara, Damayanti Batti menjelaskan kegiatan THF sempat tertunda karena aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), namun telah diluncurkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno melalui showcase secara virtual beberapa saat lalu.

Damayanti juga mengatakan kegiatan yang digagas bersama Geopark ini rencananya akan dihadiri sejumlah menteri seperti Menparekraf, Sandiaga Uno dan Menteri Ketenagakerjaan, Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si.

“Kami bercita-cita, Event ini menjadi kegiatan tahunan dan diharapkan dapat terus terlaksana, dan bersyukur dapat banyak dukungan serta bantuan dari banyak pihak,” ujarnya.

- ADS -

Kata Damayanti, kemungkinan akan hadir yaitu pihak Kementrian Desa (Kemendes) dan Kepala OJK serta Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

“Kegiatan Event THF dimaksudkan untuk memasyarakatkan program nasional wisata di Toraja, sekaligus bertujuan mengangkat kembali pariwisata Toraja dengan cara mengerakkan karya masyarakat melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),” terangnya.

Sementara Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong, ST menjelaskan THF adalah event kedua digelar pemerintah daerah setelah Toraja Internasional Festival (TIF) 2021 dan berharap kedepan ada lagi ide untuk melaksanakan kegiatan menyangkut pariwisata.

“Alasan diadakan THF ini termasuk akan mendorong kembali para UMKM sektor pariwisata karena selama pandemi Covid-19 adanya PPKM mereka paling kekurangan penghasilan,” ujarnya.

Lanjut Frederik sering disapa Bung Dedi itu menjelaskan ada banyak kekayaan budaya dan alam khas daerah Toraja Utara yang patut dipromosikan agar menarik wisatawan.

“Diharapkan momentum pemulihan ekonomi sehingga membuat orang tertarik ke Toraja lagi, penerbangan antar daerah kembali normal sehingga ini sebagai potensi besar yang diharapkan, namun kita tidak boleh pasif menunggu pandemi selesai,” tambah Dedi.

Ia berjanji THF jika acara memuaskan nanti akan dimasukkan dalam kalender pariwisata tahunan Pemkab Toraja Utara yang dibekali aplikasi dan website informasi jadwal kegiatan event sehingga membantu wisatawan terkait informasi.

“Event THF ini harus dihadirkan komunitas, pemerintah, para media maka mari semangat bersama, bergerak cepat dan gas poll,” tutup Dedi.

Lanjut Damayanti Batti yang juga istri Wabup Dedi Palimbong mengatakan ada banyak kegiatan diadakan selama enam hari acara yaitu diantaranya seminar nasional, vaksinasi 5.000 dosis vaksin tahap 1 dan 2, Experiental Learning/TOT Outbound di Buntu Pempon, Pekan Raya Toraja dengan pameran UMKM dan foto serta bincang santai, kompetisi lomba fotografi wisata tingkat nasional dan lokal, lomba vlog dan blog.

Kegiatan THF didukung banyak pihak mulai dari perbankan, komunitas foto, traveloka, Honda, mahasiswa UKI Toraja dan masih banyak lagi.

Ris/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, Plt Gubernur Sulsel Imbau Warga Kurangi Mobilitas

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Pemerintah menghimbau masyarakat untuk tetap waspada di tengah lonjakan kasus Covid-19. Untuk di Sulsel, perkembangan kasus...

Berita Lain

- Advertisement -