fbpx
30 C
Makassar
Kamis, 28 Oktober 2021

Ditengah Prosesi Rambu Solo di Langda, 1 Tongkonan, 1 Rumah dan 2 Lumbung Ludes Terbakar

Populer

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Kebakaran satu unit rumah adat Toraja atau Tongkonan Pata’ di Lembang Langda, Kecamatan Sopai, Toraja Utara, Selasa (12/10/2021) siang.

Kebakaran terjadi saat masih berjalan rangkaian acara Rambu Solo atau prosesi pemakaman Alm. Pdt Uzuk Velykarta yaitu mantarima tamu atau menerima tamu.

Kobaran api yang terlihat menjunjung tinggi diatap Rumah Tongkonan Pata, sejumlah warga menghadiri kegiatan dan melayat ke rumah duka berhamburan menyelamatkan diri masing-masing.

- ADS -

Meski dalam keadaan panik, warga dilokasi berusaha memadamkan api dengan alat seadanya dan berusaha memindahkan jenazah Alm. Pdt Uzuk Velykarta yang berada di dekat rumah yang terbakar.

Saat itu jenazah Almarhum yang berada di dalam peti sementara diupacarakan, namun terlihat kobaran api kian membesar di rumah Tongkonan Pata’.

Warga sulit memadamkan api sebab tiupan angin kencang dari arah perbukitan yang membuat api semakin membesar sehingga menghanguskan satu rumah tinggal, rumah adat (Tongkonan) dan dua lumbung padi.

Api baru bisa padam saat tujuh unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi, karena sulit menjangkau lokasi di area perbukitan sehingga api baru dipadamkan satu jam kemudian.

“Api awalnya muncul dari atap Tongkonan, kemudian membesar dan merembet ke rumah tinggal dan dua lumbung,” ujar Camat Sopai, Marthen Panggalo yang berada di lokasi.

Kata Marthen tidak ada korban jiwa dari peristiwa kebakaran, namun kerugian korban ditaksir hingga ratusan juta rupiah.

“Api awalnya muncul dari atap Tongkonan kemudian membesar dan merembet ke rumah tinggal yang ada di samping Tongkonan dan dua dua lumbung yang semuanya hangus terbakar,” ungkapnya.

Hingga saat berita ini dinaikkan, belum diketahui pasti penyebab kebakaran, dugaan sementara akibat korsleting kabel listrik yang melengket pada atap bangunan tongkonan.

Ris/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Tingkatkan Militansi, PDI Perjuangan Tana Toraja Gelar Pendidikan Kader

ZONAKATACOM - TANA TORAJA Sejumlah partai politik mulai memanaskan mesin partainya menatap pemilu 2024 . Salah satunya adalah PDI...

Berita Lain

- Advertisement -