fbpx
24 C
Makassar
Selasa, 7 Desember 2021

Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan Menjadi Lahan Produktif

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Pemerintah Kabupaten Tana Toraja melalui Dinas Pertanian terus mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan untuk bercocok tanam agar dapat lebih produktif, Kamis (21/10).

“Dinas Pertanian menjadi salah satu Pilot Project yang melaksanakan lebih awal dan sampai saat ini hasilnya kita sudah bisa buktikan dan rasakan bersama karena kami disini sudah melakukan panen ketiga.” kata Kepala Dinas Pertanian, Salvius Pasang SP. MP

Dinas Pertanian akan terus melakukan pendekatan, pembinaan dan juga memfasilitasi masyarakat ingin memanfaatkan pekarangannya.

“Di Tana Toraja sendiri setelah kami melakukan kunjungan dan sosialisasi bersama dengan tim penggerak PKK dan instansi terkait, masyarakat sudah mulai bergairah dalam melakukan langkah-langkah kongkrit di tiap Kecamatan” papar salvius.

Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan Menjadi Lahan Produktif - Zonakata.com

Untuk prospek pasar sendiri, potensi hasil pangan Tana Toraja tidak hanya beredar di daerah sendiri tapi sudah merambah ke beberapa kabupaten.

Dari hasil hitung-hitungan jika seluruh masyarakat di Tana Toraja atau tiap keluarga memanfaatkan pekarangannya dalam satu tahun untuk jenis sayuran yang dikonsumsi nilainya mencapai sekitar Rp300 milliar. Dan apabila masyarakat bisa menjual produksinya keluar Tana Toraja misalnya hanya dengan senilai Rp50.000, maka akan dicapai hingga Rp1,5 Trilliun yang hanya bersumber dari pemanfaatan pekarangan di Tana Toraja.

“Pasar utama kita sekarang adalah ke Toraja Utara, kami juga mengamati bahwa hampir seluruh sayuran di pasar pagi di Rantepao adalah bersumber dari kabupaten Tana Toraja” jelas Salvius.

Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan Menjadi Lahan Produktif - Zonakata.com

Salvius menambahkan bahwa sayuran dari Tana Toraja hampir bisa dipastikan aman, sehat dan lebih segar jika dibandingkan dengan sayuran yang didatangkan dari daerah yang lebih jauh.

- ADS -

Dikatakan pula bahwa satu-satunya sektor yang masih bisa bertahan dan menyumbang pertumbuhan positif di masa pandemi adalah sektor pertanian.

“Sangat penting kita sosialisasikan ke masyarakat sehingga masyarakat di era pandemi ini melakukan langkah-langkah yang konkrit agar tak hanya sehat dari segi jasmani dan rohani, tetapi juga sehat dari segi ekonomi” imbuhnya.

Hal ini kata Salvius, seiring dengan tagline visi misi Pemerintah Kabupaten Tana Toraja yaitu Bangkit, Produktif dan Tangguh.

Ale/ZK

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang
- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Bagikan Bibit Tanaman, Salvius Pasang: Monitoring akan Terus Dilakukan

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Pemerintah Kabupaten Tana Toraja terus melaluli Dinas Pertanian mengenjot pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi...

Berita Lain

- Advertisement -