fbpx
28 C
Makassar
Senin, 26 Juli 2021

Berkat Kades Dampala, Dusun 3 Palondongan Kini Sudah Terang

Populer

- ADS -

ZONAKATA.COM – MOROWALI Masyarakat Dusun 3 Palondongan yang merupakan dusun terjauh dan terpencil yang ada di Desa Dampala, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali kini merasa lega setelah daerahnya diterangi cahaya listrik.

Selama puluhan tahun berada dalam kegelapan kini Dusun 3 Palondongan telah terang berkat upaya dari Kepala Desa Dampala, Hartono. Dimana ia menggelontorkan anggaran dana desa (ADD) sebesar Rp.239 juta untuk pengadaan turbin.

“Melalui anggaran dana desa kita upayakan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di dusun 3 melalui turbin dengan menggunakan tenaga air. Dan kita bersyukur Dusun 3 Palondongan telah dialiri listrik,” ujar Hartono.

Dikatakan uji coba terhadap mesin turbin pembangkit listrik tenaga air (PLTA) itu telah dilakukan, Selasa 20 Juli 2021 dan berhasil. Kini 47 KK yang ada didusun itu tidak lagi menggunakan pelita (lampu minyak) sebagai penerangan tetapi sudah menggunakan listrik.

Untuk diketahui jarak dari Kantor Desa Dampala menuju Dusun 3 Palondongan kurang lebih berjarak 60 KM dan harus melintasi wilayah Sulawesi Tenggara untuk mencapai dusun itu. Waktu perjalanan menuju dusun itu memakan waktu sekitar 6-7 jam dan itu pun harus menggunakan motor trail.

Saking jauhnya Kepala Desa Dampala terpaksa membangun rumah tinggal sederhana untuk digunakan jika berkunjung ke dusun itu. Hal itu dilakukan untuk mendekatkan pelayanan kepada warga yang ada di Dusun 3 Palondongan.

Sudir/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Tana Toraja Lakukan Peningkatan SDM

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tana Toraja melaksanakan kegiatan Pembinaan SDM Kehumasan, yang bertempat...

Berita Lain

- Advertisement -