fbpx

3 Calon Masih ‘On The Track’, Peluang Head to Head di Pilkada Tana Toraja Bisa Saja Terjadi

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Eskalasi politik di Kabupaten Tana Toraja jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak semakin memanas. Persaingan memperebutkan partai politik (parpol) semakin mengerucut.

Parpol yang memiliki kursi di DPRD Tana Toraja hasil Pileg 2024 lalu, mulai terang benderang akan mengusung ‘siapa’ di Pilkada Tana Toraja.

Yang pertama adalah Partai Nasdem yang telah memberikan rekomendasi kepada pasangan Nicodemus Biringkanae dan Darma Lelepadang. Surat rekomendasi tersebut ditandatangani Ketua dan Sekretaris Bappilu DPP Nasdem, Prananda Surya Paloh dan Willy Aditya.

Meski baru bersifat ‘rekomendasi’ namun itu sudah cukup bagi Nico-Darma untuk mendaftar sebagai kontestan di Pilkada Tana Toraja jika surat rekomendasi itu berlanjut menjadi formulir Model B1 KWK. Pasalnya Nasdem memiliki 6 kursi atau sekitar 20%, yang artinya sudah cukup untuk mengusung calonnya sendiri.

Kemudian Zadrak Tombeg, selaku Ketua DPC Partai Gerindra Tana Toraja juga telah mendapat surat tugas dari Partai Demokrat bersama John Diplomasi. Keduanya diberikan waktu selama 21 hari untuk menentukan calon pasangannya masing-masing serta partai yang akan menjadi koalisinya.

Turunnya surat tugas tersebut membuat pasangan Zadrak Tombeg-John Diplomasi kembali mengemuka untuk berpasangan di Pilkada Tana Toraja. Sebelumnya Zadrak disebut-sebut akan berpasangan dengan Kejari Tana Toraja, Erianto L Paundanan sedangkan John Diplomasi dengan Victor Datuan Batara.

Sedangkan Partai Golkar yang sebelumnya akan mengusung calon yang memiliki survey tertinggi dari 2 kandidat yakni John Rende Mangontan (JRM) dan Victor Datuan Batara (VDB). Namun sejauh ini belum ada hasil survey yang diumumkan. Untuk itu baik VDB maupun JRM masih memiliki peluang yang sama untuk diusung Golkar di Pilkada Tana Toraja.

Sementara sejumlah parpol lainnya seperti PDI Perjuangan, Hanura dan Partai Gelora dikabarkan lebih condong untuk mendukung Wakil Bupati, Zadrak Tombeg di Pilkada Tana Toraja. Jika ini terjadi maka potensi 4 pasangan calon (paslon) di Pilkada Tana Toraja tertutup.

Saat ini untuk Pilkada Tana Toraja masih “on the track” untuk tiga pasang calon. Dengan estimasi Partai Golkar dan Nasdem mengusung calonnya sendiri sedang Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Demokrat, Hanura dan Gelora berkoalisi. Namun jika salah satu antara Golkar ataupun Nasdem ikut berkoalisi maka potensi “Head to Head” bakal terjadi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

24 Anggota DPRD Terpilih Tahun 2024 Belum Serahkan LHKPN ke KPU Toraja Utara

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA, Calon Legislatif (Caleg) terpilih hasil Pemilu tahun 2024 mendapat imbauan atau peringatan dari Komisi Pemilihan...

Berita Lain