fbpx

Bangga! Alang Toraja Jadi Hiasan Gerbang Pameran Kerajinan Terbesar di Asia Tenggara

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – JAKARTA, Alang –rumah adat Toraja atau Lumbung Padi melengkapi pameran kerajinan terbesar se Asia Tenggara pada event Inacraft 2023 di Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Bangga! Alang Toraja Jadi Hiasan Gerbang Pameran Kerajinan Terbesar di Asia Tenggara

Dua Alang Toraja berada di kanan kiri gerbang utama pameran menjadi hiasan pertama, bahkan diberi nama gerbang Toraja.

Event kerajinan yang ke 23 tahun itu bertema ‘The Authentic South Sulawesi’ yang dihadiri langsung oleh Pemkab Toraja Utara di Hall A Balai Sidang Senayan (JHCC).

Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) bersama Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Pemkab Toraja Utara berupaya menampilkan beragam produk unggulan yang telah terseleksi dari hasil kerajinan asal Toraja Utara.

Diantaranya berupa kain tenun asli Toraja, busana, passapu, parang, ragam hias ukiran, aksesoris, perhiasan bahan daur ulang tulang kerbau serta tak lupa kopi arabika.

Selain bahan pameran kerajinan, secara fisik juga ditampilkan informasi, foto, video digital memalui QR code dan brosur digital.

Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong bersama Ketua Dekranasda, Agustina Mangande mengikuti pembukaan yang dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman berkeliling di stand booth kabupaten/kota se Indonesia.

“Saya bangga dan berterima kasih sekaligus apresiasi kepada panitia atas banyaknya rumah Toraja atau lumbung yang di hias dengan ukiran Toraja yang menjadi motif dekorasi Inacraft tahun ini,” ujarnya.

Menurut Dedi Palimbong, adanya pintu gerbang dihiasi beragam ciri khas Toraja merupakan moment bersama untuk mempromosikan dan mempresentasikan berbagai kain, kerajinan dari berbagai bahan dan juga kopi Toraja.

“Event seperti ini bentuk dukungan penuh pemerintah kepada pelaku UMKM dalam meningkatkan kesejahterannya,” pungkasnya.

Diketahui pameran kerajinan Inacraft 2023 terbesar di Indonesia itu mendatangkan pembeli dari dalam dan luar negeri yang dikunjungi puluhan ribu pengunjung selama lima hari berlangsung.

Khusus pada stand Kabupaten Toraja Utara hadir pula Wakil Ketua Dekranasda, Damayanti Batti, Kepala Dinas Perindagkop Toraja Utara, Amos Patolla dan Sekertaris, Yenni Pretty Bulo. (*)

Ris/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Badan Adhoc untuk Pilkada 2024 Bakal Direkrut Ulang

ZONAKATA.COM - JAKARTA Menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal merekrut ulang petugas badan adhoc.Badan adhoc...

Berita Lain