fbpx

Dekranasda Dorong Perajin Anyaman Bambu di Lembang Buri’ Terus Berkreasi

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tana Toraja kembali mengunjungi Sentra Kerajinan Anyaman Bambu yang ada di Lembang Buri’, Kecamatan Rembon, Kamis (27/5).

Ini merupakan kegiatan rutin dari Tim Dekranasda dalam mengidentifikasi perajin yang ada di wilayah Tana Toraja. Kunjungan kali ini bersama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten dari Pokja II untuk melihat langsung proses pembuatan hingga pemasaran.

Dekranasda Dorong Perajin Anyaman Bambu di Lembang Buri' Terus Berkreasi

“Disini kita melihat langsung kegiatan perajin mulai dari pengambilan bahan baku sampai proses penganyaman hingga alur pemasaran hasil anyaman,” kata Ketua Pokja II PKK, Dorce Pangloli.

Untuk diketahui, kegiatan usaha ayaman bambu yang dilakukan sebagian besar masyarakat Lembang Buri ini masuk dalam program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang dibidangi oleh Pokja II PKK.

Dikesempatan itu, Dorce memberikan beberapa arahan agar warga terus mengembangkan usaha yang tengah digeluti, membuka akses pasar yang lebih luas, menjaga kualitas produksi sehingga penjualannya dapat terus meningkat. Dan pastinya ekonomi keluarga juga akan meningkat.

Selain itu Tim Dekranasda juga banyak memberikan masukan dan ide-ide baru kepada perajin agar tidak hanya memproduksi tampah beras (bingka’) dan ayakan (senoan) tetapi mulai melirik produk-produk lain yang berbahan baku bambu. Salah satunya lampu hias bambu yang bisa dibuat dalam berbagai model.

Dekranasda Dorong Perajin Anyaman Bambu di Lembang Buri' Terus Berkreasi

Sementara Wakil Ketua Dekranasda Tana Toraja, Erni Yetti Riman yang memimpin langsung kegiatan kedua tim ini, terus memotivasi para perajin agar jangan berhenti untuk terus berkreasi dan menghasilkan produk yang inovatif.

“Teruslah berkreasi sehingga menghasilkan produk yang inovatif. Kita ingin Sentra Kerajinan Anyaman Bambu di Lembang Buri’ terus berkembang”. Pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Longsor di Pangra’ta Makale Selatan, 3 Meninggal, 1 Belum Ditemukan

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Bencana tanah longsor juga terjadi di Dusun Pangra’ta, Lembang (Desa) Randanbatu, Kecamatan Makale Selatan, Tana...

Berita Lain